Anak Beroleh B1 & B2

Anak-anak belajar atau beroleh bahasa saat mereka mendapatkan kesempatan mendengarkan dan berbicara dengan orang-orang terdekatnya.  Biasanya, anak dekat dengan orang tuanya, kakak atau adiknya, anggota keluarga orang tuanya, teman sebayanya, dan atau pengasuhnya.

 

Berdasarkan penelitian para ahli pendidikan anak usia dini di Victoria (2005), anak-anak akan lebih cepat mempelajari dan beroleh bahasa asing (B2) jika mereka menguasai bahasa ibunya (B1) dengan baik. Terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan orang tua atau pengasuh untuk menyokong/menumbuhkan keterampilan bahasa anak, yakni:

 

  1. DENGARKANLAH! Mendengarkan anak-anak sangatlah penting. Mereka harus berlatih bicara. Saat kita mendengarkan mereka, anak-anak belajar untuk mengemukakan pendapatnya tentang sesuatu yang menarik bagi lawan bicaranya.
  2. SEDERHANAKANLAH KATA-KATA! Anak-anak kecil lebih dahulu belajar/beroleh nama-nama benda dan tindakan (kata kerja), dibandingkan jenis kata yang lain. Bicaralah dengan mereka tentang benda-benda yang ada di dalam rumah dan di lingkungan sekitar rumah.
  3. AJARKAN/KENALKANLAH SEDIKIT HAL PADA SATU WAKTU! Pembelajaran/ pemerolehan bahasa berlangsung perlahan. Dengan demikian, ulang-ulanglah kata-kata baru sesering mungkin. Anak-anak biasanya perlu mendengarkan perkataan sebanyak 50 kali sebelum mereka mampu menggunakannya.
  4. LUANGKANLAH WAKTU LEBIH BANYAK DENGAN ANAK YANG JARANG BERBICARA! Anak-Anak terkadang berbicara lebih banyak dengan orang dewasa pada suasana yang tenang, sekalipun hanya sebentar.
  5. USAHAKAN ANAK MENGERTI BAHWA BERBICARA ITU PENTING! Jika anak-anak dapat memperoleh apa yang mereka mau dengan hanya menunjukkan barang/kebutuhannya kepada kita, maka mereka tidak akan berbicara karena menganggapnya tidak penting. Maka, doronglah anak untuk mengatakan apa yang mereka mau/pinta.
  6. BICARAKAN APA YANG SEDANG ANDA/KITA SEDANG LAKUKAN! Terangkan kegiatan sehari-hari kepada anak-anak. Sebagai contoh, “Ibu sedang mengaduk sayur kacang, coba lihat…pegang sendoknya hati-hati supaya tidak kepanasan.” Atau “ Wah…adek jagoan bisa lempar bola jauh-jauh.”. Dari kegiatan ini, anak-anak beroleh kata-kata baru dan memahami maknanya sekaligus.
  7. TAMBAHI PERKATAAN ANAK! Tunjukkan kepada anak kita, bahwa kita paham dengan apa yang mereka maksud. Misalnya, anak kita mungkin berbicara “Ayah pergi.” Maka kita dapat menjawab sambil menambahkan kalimatnya menjadi “Ayah pergi ke kantor, sayangku.” Dengan begitu, anak beroleh lebih banyak informasi dan kosakata baru. Anak yang berusia balita mungkin akan berkata “Saya pernah ke toko barusan.” Maka kita dapat menjawab “Ya, tadi Akang/Teteh pergi ke toko barusan.
  8. MENYANYIKAN LAGU. Bernyanyi merupakan cara lain menggunakan bahasa, menyampaikan cerita, serta mengenal dunia dan seisinya.
  9. BERTANYALAH KEPADA ANAK! Bantulah anak-anak belajar berbicara dengan teman-temannya atau dengan orang lain. Tanyakanlah bagaimana perasaan mereka juga ide-ide mereka, misalnya “Kira-kira apa yang akan terjadi selanjutnya ya?” atau “Mengapa kamu berpikir begitu?” atau “Gimana perasaanmu kalau menjadi pemulung itu?”

10.  BACALAH BUKU DENGAN ANAK KITA! Membaca nyaringlah dengan anak kita sesering mungkin. Saat anak-anak kita mendengarkan cerita, mereka juga terbantu untuk memperoleh dan belajar bahasa. Kita juga turut membantu mereka mengenal budaya membaca dan cara membaca.

11.  BERCERITALAH! Ceritakanlah kisah menarik saat kita kecil dulu kepada anak-anak kita. Bercerita merupakan satu cara anak-anak mengenal warisan budaya leluhurnya. Dorong juga mereka untuk bercerita tentang kisah-kisah yang mereka tahu atau karang.

12.  BATASI TELEVISI! Menonton televisi memang merupakan salah satu cara yag dapat membantu anak mengenal dan belajar bahasa. Namun, mereka juga harus mempraktikan keterampilan bahasanya dengan cara berkomunikasi dengan orang lain, tidak hanya dengan layar televisi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: